Selasa, 04 Desember 2012

Tugas Bab 6 Kekangan Basis Data



Nama    : Muhammad Abdullah Alwi
NIM      : 4812020018
Kelas : TMJ 1 AeU
Dosen : Achmad Bachris

1. Kekangan atau aturan dan pandangan dalam basis data
Ø  Tujuannya :
            Untuk menjamin bahwa data yang diinputkan pada tabel-tabel data base mempunyai integritas yang terjaga, sehingga kemungkinan kesalahan input data jauh berkurang.
Terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi dalam file-file basis data.Aturan tersebut berhubungan dengan aspek-aspek penting dalam basis data yaitu:
                                                a. Redudansi Data
                                                b. Inkonsistensi data
                                                c. Data terisolasi
                                                d. Security data
                                                e. Integritas data
a. Redudansi  data :
Redudansi data adalah munculnya data-data berulang kali pada file basis data yang semestinya tidak diperlukan.
b. Inkonsistensi data :
      Data Inconsistency, yaitu munculnya data yang tidak konsisten pada medan yang sama untuk beberapa file dengan kunci yang sama. Ketidak-konsistenan data biasanya terjadi akibat kesalahan dalam pemasukan data (data entry) atau update anomaly, yaitu suatu proses untuk meng-update data, tetapi mengakibatkan munculnya data yang tidak konsisten atau kehilangan informasi tentang objek yang ditinjau.
c. Data terisolasi :
      Data terisolasi disebabkan oleh pemakaian beberapa file basis data dimana program aplikasi tidak dapat mengakses data-data dari file tertentu sehingga seolah-olah ada file yang terpisah/terisolasi terhadap file yang lain dalam basis data.
      Data terisolasi harus dihindari karena akan berakibat pada tidak lengkapnya informasi yang dihasilkan dari pengolahan data dalam basis data.
d. Security data :
Prinsip dasar keamanan data dalam basis data :
- Data-data dalam basis data merupakan sumber informasi yang sangat penting dan rahasia sehingga harus dijaga dari berbagai hal yang dapat mengacaukan atau merusak data.
- Keamanan data merupakan aspek kritis dalam basis data.
e. Integritas data :
      Integritas data berhubungan dengan kinerja sistem agar dapat melakukan kontrol atau kendali pada semua bagian sistem, sehingga sistem selalu beroperasi dalam pengendalian yang penuh.
      Cara menjaga integritas data adalah menyakinkan bahwa nilai-nilai data adalah benar. Hal tsb dilakukan dengan mengeset secara seksama prosedur penangkapan data dan membuat modul dalam program aplikasi untuk mengecek keabsahan nilai data saat dimasukkan kedalam mesin (data entry)
2. Kekangan Kardinalitas
·         Jenis hubungan antartipe entitas seringkali dinyatakan tidak sekedar dalam bentuk berupa One to One, One to Many, Many to One, dan Many to Many, melainkan juga dengan menyertakan kekangan kardinalitas.
·         Kekangan Kardinalitas (cardinality constraint) adalah suatu keadaan yang digunakan untuk menyatakan jumlah instan dalam sebuah entitas yang dapatdikaitkan dengan sebuah instan pada entitas lain.
·         Kardinalitas Minimum adalah jumlah instan tersedikit dalam sebuah entitas yang mungkin dikaitkan dengan setiap instan pada entitas lain.




          Kardinalitas Maksimum adalah jumlah instan terbanyak dalam sebuah entitas yang mungkin dikaitkan dengan setiap instan pada entitas lain.



3. kesimpulan dari 2 contoh di atas adalah bahwa :
·         Kardinalitas minimum dapat terbagi atas kardinalitas minimum nol atau kardinalitas minimum 1
·         Kardinalitas minimum nol (0) berarti bahwa sebuah baris baru dapat ditambahkan didalam tabel tanpa harus dihubungkan dengan baris tertentu dalam tabel lainnya yang letaknya berseberangan dalam hubungan tersebut.
·         kardinalitas minimum 1memiliki arti bahwa setiap baris dalam suatu tabel harus dihubungkan ke paling tidak satu baris dalam tabel lainnya di hubungan tsb.
·         Kardinalitas maksimumpun dapat terbagi atas kardinalitas maksimum 1 atau kardinalitas N
·         Kardinalitas maksimum 1 artinya bahwa setiap baris di dalam tabel dapat dihubungkan ke paling banyak hanya satu baris dalam tabel lainnya.
·         Kardinalitas maksimum N berarti banyak/many

Tidak ada komentar:

Posting Komentar